Next Journey

Chicago Marathon (2022)

Pengalaman saat melakukan race IRONMAN Triathlon 140.6 Frankfurt

Selalu fokus dan semangat teman-teman 💪 meskipun kita harus menghadapi tantangan atau kesulitan, percayalah bahwa Tuhan selalu mendampingi kita semua.

© Welem Tannasa  |   Website design by Monarchy Production

WELEM TANNASA

Cascais, Portugal   |   2023

IRONMAN TRIATHLON 140.6

persiapan

Setelah mengikuti event Triathlon Danang 70.3, saya tertantang untuk menghadapi challenge yang lebih besar, yaitu Full IRONMAN Triathlon 140.6. Saat itu saya langsung melakukan registrasi untuk event IRONMAN Triathlon 140.6 yang akan dilaksanakan di Frankfurt, Jerman. Event ini adalah event full IRONMAN 140.6 pertama bagi saya.

Memang bukan waktu yang cukup banyak untuk mempersiapkan event ini setelah Danang 70.3. Apalagi setelah mempelajari rute sepeda yang sangat menantang dengan elevasi 1.750 m rolling, tentu menambah tantangan yg lebih. Tapi apapun rintangan atau halangan tetap dilawan, tidak ada kata menyerah, semakin banyak masalah semakin tetap bergantung pada Tuhan. Sekali layar terkembang haram kapal putar kemudi balik pulang. Maju terus, halangan hanyalah langkah panjang untuk suatu keberhasilan, Tuhan pasti beserta kita.

Tidak perlu berlama-lama, saya langsung memasang badan untuk berlatih fisik dan mental untuk mempersiapkan event ini.

Persiapan menuju IRONMAN Triathlon 140.6 Frankfurt

race day

Perjalanan yg sangat menantang dan butuh perjuangan tinggi. Diawali dengan berenang sejauh 3.8 km dengan suhu 15°, satu putaran dengan medan dekat laut lepas yang sangat berombak, membuat banyak peserta menyerah. Akhirnya saya menyelesaikan berenang saya di 85 menit.

Dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 180 km dengan total elevasi 1.800 meter. Di sini saya harus menghadapi tanjakan-tanjakan yang cukup panjang, ditambah dengan kencangnya angin menambah tantangan dalam rute bersepeda ini. Akhirnya saya menyelesaikan race bersepeda dalam waktu 6.38 jam.Lanjut ke tantangan terakhir, yang merupakan akhir dari seluruh perjuangan dalam race ini, yaitu berlari sejauh 42 km dengan total elevasi lari 360 meter, 3 laps. 18 km pertama saya bisa berlari sesuai rencana yaitu dengan pace 5.30, tapi setelah sampai di km 18 hujan turun dan waktu malam pun tiba, membuat jalan licin dan gelap. Kondisi rute larinya menurut saya sangat-sangat kurang baik karena banyak dilewatkan ke jalan berbatu dan berlubang karena terletak di pinggir dermaga, kondisi ini melengkapi serangkaian tantangan yg harus saya hadapi.

Tepat pukul 10:00 malam waktu Portugal akhirnya saya berada di garis Finish. Semua atas AnugerahNya, karena bisa menyelesaikan 140.6 bagi saya hanya karena kemurahan Tuhan bukan kekuatan saya🙏🙏👏. Karena berolahraga selama 12 jam lebih bukan sesuatu yang mudah mengingat segala resiko yang bisa terjadi.Saya berterima kasih untuk pelatih saya Coach Dimity Duke atas semua pencapaian ini. Terima kasih atas support dari Chlo Aquatic Swim, Contact Bethel, Oldloco Run, Yoyogi Run, dan semua teman2 yang tidak dapat saya sebut, satu persatu.Dalam hidup apapun tantangan yang ada bisa diatas kalau Anda percaya ada Tuhan yg mengendalikan semuanya. Dan harus ada usaha, tekad yang kuat dan kerja keras. Bersama-sama mari kita meraih prestasi yang lebih besar dan lebih baik.

Pengalaman Ketika Race Berlangsung

Menjadi satu-satunya warga Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi Triathlon IRONMAN 140.6, dan disandingkan dengan 3.200 peserta dari seluruh penjuru dunia adalah pengalaman yang tidak bisa saya lupakan.

Banyak tantangan yang harus saya hadapi demi mencapai garis finish, seperti berenang di danau yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, dan berbagai kendala tak terduga selama race berlangsung.